Minggu, 22 Maret 2015

► Kucing Himalaya



duniabinatang68.blogspot.com

Kucing ras ini adalah yang paling di kenal oleh orang Indonesia, termasuk juga yang pemula pada ras kucing juga akan dapat mengatakan nama " Persia " juga sebagai satu diantara type kucing berbulu panjang.



Himalaya atau Persia Himalaya (dahulu bernama Colourpoint Persian) adalah salah satu ras kucing yang merupakan hasil persilangan antara ras Persia dengan ras Siamese. Persilangan tersebut adalah bertujuan untuk menciptakan ras kucing dengan tipe badan yang sama seperti Persia, tetapi dengan pola warna seperti Siamese. Himalaya sangat identik dengan mata berwarna biru dan pola warna point. Harga ras Himalaya yang berkualitas bagus dapat mencapai harga 5-15 juta rupiah, namun ada juga yang harganya di bawah 5 juta rupiah.

Sejarah

Himalaya adalah kucing yang sebenarnya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tetapi, Himalaya baru dikenal di benua Eropa pada tahun 1950-an, dengan nama yang berbeda, yaitu "Colourpoint Persian". Pada tahun 1957, Himalaya terdaftar sebagai ras kucing yang berbeda dengan Persia, dan diberi nama "Himalaya". Namun sekarang, beberapa pendaftaran kucing memasukkan ras Himalaya ke dalam versi colorpoint-nya Persia, dikarenakan pola dan karakternya sama seperti Persia.

Pada saat ini, Himalaya sudah dimasukkan ke dalam ras yang berbeda dengan ras Persia oleh TICA (The International Cat Association). Tetapi, masih dimasukkan dalam kelompok yang sama dengan Persia dan Exotic Shorthair, yaitu kelompok "Persian Breed Group Standard". Namun, menurut beberapa peternak kucing, Himalaya masih dianggap sebagai versi warna lain dari Persia, sehingga bukan sebagai ras terpisah.

Karakteristik

Himalaya adalah kucing yang bertubuh gemuk, besar, dan bulat dengan kaki yang pendek seperti Persia. Hal tersebut membuat Himalaya sulit untuk melompat. Namun, ras Himalaya juga ada yang memiliki tubuh seperti Siamese, yaitu tubuh yang langsing, ramping, dan anggun. Sehingga, Himalaya yang memiliki tubuh seperti Siamese dapat dengan mudah melompat dengan ketinggian 2 meter. Himalaya dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan bentuk wajahnya, yaitu Himalayan Doll Face dan Himalayan Ultra-Face. Himalayan Doll Face memiliki wajah yang sedikit pesek jika dilihat dari samping, sedangkan Himalayan Ultra-Face memiliki wajah yang sangat pesek jika dilihat dari samping, sehingga terlihat seperti datar.

Himalaya memiliki bulu panjang dengan warna point pada telinga, wajah, kaki dan ekornya, denga pola tabby, lynx, dan tortie. Warna pada kucing Himalaya dapat di klasifikasi, yaitu warna seal point (cokelat kehitaman), blue point (abu abu), lilac point (abu-abu kecoklatan), red/flame point (krem kemerahan), cream point (krem), dan chocolate point (cokelat).

Kepribadian

Himalaya adalah kucing yang aktif, senang bermain, dan tidak senang bermalas-malasan seperti Siamese. Selain itu, Himalaya juga adalah kucing yang cerdas, tenang, lembut, komunikatif, dan manis seperti Persia. Himalaya juga adalah kucing yang senang dibelai, dan merupakan kucing yang setia dan sangat bersahabat.

Kesehatan

Himalaya adalah kucing yang tidak mudah terserang penyakit. Tetapi, Himalaya masih membawa penyakit dari ras nenek moyangnya, Persia. Penyakit tersebut bernma polycystic kidney disease (PKD), yaitu penyakit yang menyebabkan tumbuhnya kista pada ginjal.

Sumber : Wikipedia.com

















0 komentar:

Posting Komentar

 
;